Cara Meningkatkan Rank Alexa Dibawah 1 Juta Dalam 1 bulan

https://nguentenpon.blogspot.co.id
Akhirnya rilis artikel yang sangat ditunggu-tunggu teman-teman blogger. Banyak sekali teman-teman blogger di facebook yang menanyakan sebagai berikut :

 “ Bagaimana cara mendapatkan rank alexa buat blogger pemula? ”
 “ Kok bisa NguentenPon™ mendapatkan peringkat alexa rank dibawah 1 juta dalam 1 bulan? “
“Kenapa alexa tidak malah naik,tapi turun terus?”

     Pertanyaan diatas akan saya kupas tuntas di artikel ini, sebelum masuk ke inti artikel , kita harus mengetahui apa itu alexa rank dan kegunaannya bagi blog. 

     Alexa adalah situs yang sangat kredibel dalam merangking blog atau website di dunia. Alexa tidak hanya merangking blog secara global (dunia ), tetapi juga merangking blog di negara asal. Alexa rank berguna untuk penilaian harga sebuah blog, penilaian untuk mendapatkan pagerank google dan mendapatkan iklan. (Dikutip dari : Cara Memasang Toolbar Alexa ).

 

Berikut ini subtopik yang akan saya sajikan pada artikel kali ini:


•    Strategi mendapatkan rank alexa dengan cepat bagi blogger pemula.


•    Ciri-ciri artikel yang bisa mendongkrak posisi rank alexa hingga dibawah 1 juta dalam 1 bulan.


•    Faktor penyebab alexa ramping dan nonramping turun.


•    Pengaruh backlink dan submit artikel terhadap alexa rank.



 --


Strategi mendapatkan rank alexa dengan cepat bagi blogger pemula

     
   Saya akan membagikan strategi untuk mendapatkan rank alexa dengan cepat kepada semua blogger pemula atau yang udah lama nge-blog. Silahkan simak strategi dari saya dibawah ini :


1. Aktif Nge-Blog

   Kunci utama dalam meningkatkan rank alexa adalah dengan aktif nge-blog. Yang saya maksud aktif nge-blog di sini adalah ke aktifan kita untuk membuat artikel,mengedit HTML,blogwalking dll. 


Apakah harus setiap hari?


  Untuk mendapatkan alexa secara cepat , kita harus sering aktif update artikel,blogwalking,dan mengoptimasi search engine dll setiap hari, kenapa harus setiap hari? 

 
     Karena alexa rank akan mendata rank blog kita setiap hari sekali,kadang juga dua kali. Contohnya pada NguentenPon™ ini, dulu pada awal pembuatan belum memiliki peringkat, setelah 1 minggu sudah dapat peringkat 9 juta,1 hari kemudian langsung 6 juta,1 hari kemudian lagi 3 juta dan meningkat seterusnya. 


    Untuk memantau rank alexa ter up to date, teman-teman harus memasang toolbar alexa.
 


Bagaimana jika seminggu sekali nge-blognya?

       Tetap bisa, namun pasti berbeda dari segi peningkatan rank alexanya. Saran saya jika teman-teman hanya bisa nge-blog satu kali dalam seminggu atau yang mungkin tidak punya komputer di rumah dll, buatlah 1 artikel yang sangat berkualitas kalau bisa ( 1000 kata dan gambar ) , lebih fokus ke 1 artikel dan fokus blogwalking (kumpulkan viewer dan komentar ).


2. Menjadwal Deadline Artikel

    Sering saya menemui blogger-blogger pemula yang sangat semangat menulis artikel di blog, kadang-kadang ada yang sampai 10 artikel dalam 1 hari. Untuk awalnya sangat baik, tetapi untuk kedepannya pasti tidak akan baik. Kenapa?

a. Kekurangan ide menulis artikel

   Kekurangan ide menulis artikel adalah faktor utama yang menjadi gangguan para blogger pemula. Faktor ini terjadi karena kita tidak bisa mengatur keluar masuknya ide yang kita miliki. Contohnya kita memposting 5-10 artikel per 1 hari. Sebenarnya boleh-boleh saja kita memposting banyak artikel dalam 1 hari, tetapi semua artikel harus berkualitas dan memiliki viewer dan komentar yang banyak untuk mendongkrak posisi alexa. Namun jika artikel yang kita buat hanya hasil copas , maka semua artikel yang kita buat sama saja dengan spam dan tidak mempengaruhi alexa,malah bisa turun alexanya.Berbanding terbalik jika kita menjadwal setiap Minggu 3 kali atau 4 kali, tidak langsung kehabisan ide dan kita bisa membuat lebih berkualitas artikel yang kita buat serta kita menyediakan waktu untuk promosi per artikel ,untuk saya sendiri 3 artikel per 1 minggu dan sudah terbukti ampuh untuk meningkatkan posisi alexa rank NguentenPon Blog.

b. Dianggap SPAM dan Membengkak Rank Alexanya
    Apabila artikel yang teman-teman buat hanya dari hasil copas total tanpa di edit, maka jelas artikel agan termasuk SPAM ,kalau google sih cuek,tapi untuk pengunjung sendiri jadi malas berkunjung ke blog kita dan sulit mendapatkan page one di google. Disamping itu rank alexa juga bisa membengkak karena artikel-artikel copas tanpa edit tadi, saran saya misalkan mau copas lebih baik di edit dulu dan disertai sumber.


    Oleh karena itu, saya sarankan untuk menjadwal kapan harus update artikel dan kapan harus promosi, karena hal itu sangat penting untuk mendongkrak posisi alexa rank dengan cepat. Dengan adanya jadwal yang rapi terbukti
NguentenPon™ bisa mendapat peringkat 200 k.

Ciri-ciri artikel yang bisa mendongkrak posisi rank alexa hingga dibawah 1 juta dalam 1 bulan

 
   Untuk mendapatkan posisi alexa rank yang tinggi, hal utama yang harus kita lakukan adalah membuat artikel. 



“Apakah harus artikel yang berkualitas?”

Jawabannya tidak juga, “lo kok bisa?”
   

    Alexa rank tidak hanya melihat dari kualitas dari sebuah artikel,tetapi melihat kepopuleran dari sebuah artikel. “Masih belum paham?”
 
    Contoh saya mempunyai sebuah artikel yang no copas dan berkualitas, namun viewernya sangat sedikit dan tidak bisa menempati page one di google. Sedangkan artikel saya yang satu lagi hasil dari copas dan hanya sedikit tulisannya, namun viewernya sangat banyak dan menempati page one di google. Otomatis yang mendongkrak posisi alexa rank adalah artikel yang tidak berkualitas tadi.



“Bukankah syarat agar artikel menjadi page one di google,tulisannya harus lebih dari 500-1000 kata dan no copas?”
     
     Memang ada benarnya, untuk menjadi page one di google tulisan lebih dari 500-1000 kata dan no copas, dll. Namun apakah itu terbukti selalu benar? Jawabannya tidak.

Coba perhatikan gambar berikut :


https://nguentenpon.blogspot.co.id
Hasil

    Bisa teman-teman lihat, artikel yang berada di posisi nomor 1 diatas ( yang saya tandai warna merah ), itu adalah artikel NguentenPon Blog, yang saya copas dari wikipedia dan hanya berjumlah 300 san kata. ( Silahkan cek di : Biografi Michael Cowpland )

“Note : Tidak masalah kita sebagai blogger mengcopas dari blog lain, asal harus izin dan dikasih sumber , jangan asal copas tanpa di edit. Tapi alangkah baiknya jika kita membuat artikel sendiri”

      Untuk lebih jelasnya,silahkan simak ciri-ciri artikel yang mendongkrak posisi alexa rank hingga dibawah 1 juta dalam 1 bulan sebagai berikut.

1. Artikel yang memiliki banyak viewer (pengunjung)
   Viewer (Pengunjung) adalah hal utama yang menjadi penilaian alexa rank. Terutama viewer pada setiap artikel. Apabila artikel memiliki banyak viewer maka otomatis akan mendongkrak posisi alexa rank dan sekaligus membantu artikel untuk bisa mendapatkan page one di google seperti yang saya jelaskan di atas tadi.

“Lalu, bagaimana cara mendapatkan viewer yang banyak di setiap artikel?”


    Sebenarnya banyak cara, namun saya akan membagikan 2 tips instan dan cepat untuk mendapatkan banyak viewer di artikel.

a. Blogwalking , apa itu ?
    Blogwalking adalah kerja sama yang dilakukan oleh para blogger untuk meramaikan dan memperkenalkan blog mereka ke blogger lainnya. kerja sama ini dalam bentuk saling berkunjung,berkomentar,share,dan klik iklan. Lalu dimana kita harus blogwalking? Jawabannya di media sosial seperti facebook,twitter. Tapi saya sarankan di facebook ( karena di facebook sudah banyak grub blogger yang memiliki anggota puluhan ribu,jadi cocok untuk promosi blog ).

b. Mencari banyak partner yang relevan
    Partner adalah orang yang bekerja sama dengan kita karena saling membutuhkan. Partner Blog Relevan adalah orang yang saling bekerja sama karena saling membutuhkan untuk memajukan blog dengan tema blog yang sama. Untuk mendapatkan partner blog, kita harus sering-sering melakukan blogwalking dan menwarkan kerja sama partner. Apa yang dimaksud Partner yang loyal?

 
     Partner loyal adalah partner yang selalu aktif dan selalu respons dengan apa yang kita tulis ( bisa berupa berkunjung,berkomentar,membagikan artikel kita dll ). 
   
    Untuk saya sendiri target setiap artikel harus lebih dari 100 viewer setelah 1 hari terpublish, karena akan mempengaruhi posisi alexa rank dan posisi page one di google.

http://nguentenpon.blogspot.co.id
Target Lebih Dari 100 Viewer


2. Artikel yang memiliki banyak komentar
 
    Komentar adalah tanggapan terhadap artikel yang kita buat di blog. Komentar sangat dibutuhkan bagi blogger pemula maupun master. Komentar dapat berupa saran,kritik dan lain-lain.untuk mendapatkan komentar yang banyak,sama dengan tips yang saya berikan di atas yaitu blogwaking dan mencari banyak partner.komentar dibagi menjadi 2, yaitu


a. Komentar relevan : komentar yang sesuai dengan topik bahasan artikel. Komentar relevan sangat disukai oleh blogger dan tentunya google sendiri. Apabila artikel kita dipenuhi komentar relevan, peringkat alexa dan google blog kita pasti naik.


b.Komentar tidak relevan (SPAM) : kebalikan dari komentar relevan yaitu komentar yang tidak sesuai dengan topik bahasan artikel. Komentar SPAM dapat berupa promosi,numpang link,dan komentar yang tidak sesuai dengan artikel.


    Untuk memaksimalkan penggunaan kotak komentar, teman-teman harus aktif untuk membalas komen meskipun itu komentar singkat,balas saja dengan panjang seolah-olah kita memberitahukan lebih jelas. Semakin banyak komentar ,maka semakin mempengaruhi posisi artikel di page one google dan mendongkrak posisi alexa rank secara cepat.


    Untuk saya sendiri target setiap artikel harus lebih dari 50 comen untuk 2-3 hari setelah terpublish, dan terbukti banyak artikel NguentenPon Blog yang page one dan mendongkrak posisi alexa rank hingga 200 k.

https://nguentenpon.blogspot.co.id
Artikel Yang Memiliki Banyak Komentar

Faktor penyebab alexa ramping dan nonramping turun

    Banyak sekali blogger pemula atau ya udah lama nge-blog termasuk saya sendiri mengalami rank alexa turun. Hal ini mungkin bisa membuat down dan malas untuk nge-blog. Namun belajar dari pengalaman, berikut ini faktor-faktor penyebab alexa ramping maupun nonramping turun mungkin bisa dijadikan perbaikan untuk blog teman-teman.

1. Jarang Aktif Nge-blog
    Seperti yang saya jelaskan di atas tadi, kunci utama untuk meningkatkan rank alexa adalah dengan aktif nge-blog. Apabila teman-teman jarang aktif nge-blog, maka rank alexa akan sulit untuk naik,malah turun.


2. Artikel Copas Tanpa Edit

    Artikel yang isinya hanya copas tanpa editan adalah artikel yang paling tidak disukai pengunjung, otomatis viewer artikelnya juga sedikit,ditambah lagi bila ketahuan dengan pembuatnya , bisa-bisa dilaporkan ke pihak google. Sedikitnya pengunjung pada artikel pasti akan menurunkan posisi rank alexa.


3.Viewer Dan Komentar Sedikit
    Sama halnya dengan dengan yang saya jelaskan dia atas, sedikitnya pengunjung pada artikel akan menurunkan posisi rank alexa. Tidak hanya viewer,namun sedikitnya jumlah komentar di blog juga pasti akan mempengaruhi turunya posisi alexa. Untuk menembah viewer dan komentar sering-sering blogwalking.

4. Terkena Jingling
    Untuk teman-teman blogger yang memiliki rank alexa pasti merasakan perubahan drastis ketika terkena jingling. Namun ada juga yang tidak terpengaruh termasuk rank alexa NguentenPon Blog. Sudah di jingling sama oknum tidak bertanggung jawab beberapa kali,alexa tetap, malah naik terus hehe. 



Apa itu Jingling?

    Jingling adalah sebuah tools yang bisa mendatangkan visitor secara drastis dalam waktu singkat, namun sayangnya visitor tersebut cuma bot, bukan manusia. (Dikutip dari : portal.hartabonan.com)


https://nguentenpon.blogspot.co.id
Jingling
5. Persaingan ketat
  Teman-teman blogger mulai merasakan persaingan rank alexa sesungguhnya saat dibawah 1 juta. Hal ini saya rasakan sendiri atau mungkin ada teman-teman yang sudah berada dibawah 1 juta merasakan hal yang sama dengan saya. Untuk mencapai 200 k itu perjuangan yang sulit tapi tidak salah untuk dicoba mungkin bisa tembus sampai 200k.


6. Ganti Domain
    otomatis jika kita mengganti domain seperti .com .co.id dll, maka alexa rank akan kembali seperti semula no rank. harus melakukan cara yang saya sebutkan di atas tadi agar dapat memiliki rank alexa secara cepat. ada juga yang tetap memiliki rank namun turun drastis.

Pengaruh backlink dan submit artikel terhadap alexa rank.
       

Backlink adalah kunjungan balik ke blog kita dari web lain.Backlink dibedakan menjadi 2 :

Backlink Berkualitas : backlink yang didapatkan secara murni dari web yang memiliki traffic tinggi. Jika teman-teman mendapatkan backlink tersebut,otomatis blog teman-teman akan ramai dan diberi pagerank oleh google dan akan menaikkan posisi alexa rank.


Backlink Tidak Berkualitas : backlink yang didapatkan dari numpang link di kotak komentar. Terkadang backlink seperti ini membuat blog terkena penalty dari google. Backlink tidak berkualitas juga memiliki sedikit pengaruh terhadap kenaikan posisi alexa rank.


Submit Artikel sangat berpengaruh untuk menambah viewer, dengan bertambahnya viewer otomatis akan menaikkan posisi alexa rank.teman-teman bisa mesubmit artikel di situs directory seperti lintas.me atau kompasiana.


Untuk mencapai hasil yang maksimal tidak bisa didapatkan secara instan, butuh proses dan step by step ^_^.

       Sekian Artikel Cara Meningkatkan Rank Alexa Dibawah 1 Juta Dalam 1 bulan dari saya semoga bisa bermanfaat bagi kalian. Apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan di kotak komentar,pasti saya balas ^_^. Simak juga artikel Cara Memasang Widget Info Total Artikel Komentar Di Blog mungkin saja teman2 membutuhkan literaturnya dan simak juga semua artikel di NguentenPon™.



Penulis :
Nama    : Rizki Indra Prasetyawan
Fb    : Rizki Indra Prasetyawan



Kata Kunci : Meningkatkan Rank Alexa

 

Mau Copas?
     Silahkan copas namun harus diedit dan tidak boleh sama persis serta harus disertai sumber link.
https://nguentenpon.blogspot.co.id/2015/08/cara-meningkatkan-rank-alexa-dibawah-1-juta-1-bulan.html

Related Posts:

1 Response to "Cara Meningkatkan Rank Alexa Dibawah 1 Juta Dalam 1 bulan"