Cara Membuat Bootable Dengan USB Flashdisk


Tipilkom Info - Hai Sob aa kabar nih, Kali ini TI Mau kasih Tutorial lagi nih, kali ini kita akan bahas "Cara Membuat Bootable Dengan USB Flashdisk", Sobat Sering install ulang? Dan apakah masih pakek cd/dvd buat install ulang? udah gak jama lagi sob, sekarang ini sudah banyak yang install ulang pakai usb semacam flashdisk, bukan hanya lebih praktis tapi install ulang menggunakan bootable flashdisk ini juga bisa dibilang sangat akurat, karena memakai file .ISO windows/linux jadi tidak perlu takut bila terkena virus, Oke deh tanpa basa basi lagi langsung saja, simak yuk sob.

Pertama pastikan sobat sudah punya softwarenya, jika belum langsung comot nih
Oke jika sudah Langsung buka softwarenya, Ini tampilannya

1. Hubungkan flashdisk ke colokan usb pc / laptop sobat, pastikan flashdisk dalam keadaan kosong karena nanti akan ada proses format,


2. Pilih nama / type flashdisk yang akan sobat gunakan sebagai bootable

 3. Atur File Type system untuk bootablenya, Ket :
  • NTFS : Windows 7, Windows 8/8.1, Windows 10
  • FAT32 : Linux, Windows XP
*Karena disini saya akan mencoba membuat bootable linux maka file system typenya saya ganti FAT32
4. Atur nama flashdisk jika prosesn bootablenya nanti selesai, disini saya menggantinya dengan nama "LINUX MINT"
5. Lalu pilih logo yang seperti ada di gambar, lalu pilih file .ISO untuk install ulang


 6. Lalu tekan start utnuk memulai prosesnya

 7. Jika Terdapat notifikasi berikut, Pilih Recomended dan klik OK
8. Akan ada pemberitahuan untuk memformat flashdisk, jika flashdisk sobat benar benar sudah dalam keadaan kosong langsung klik OK, Karena ini akan memformat ulang flashdisk sobat, yang tadinya NTFS jadi FAT32, Dan akan mengahapus data sobat di flashdisk, jadi jangan lupa backup dulu datanya.



9. Tunggu Hingga Proses selesai, jika sudah tidak ada loading lagi berarti flashdisk sobat sudah di bootable, selamat ^_^

Selain Rufus ada sotware lagi yang berguna untuk membuat flashdisk jadi bootable yaitu Unetbootin, tapi mungkin itu hanya untuk linux, karena saat saya coba menggunakan ISO windows unetbootin malah jadi aborted hehe, ingat ya sob untuk selalu menggunakan type FAT32 untuk linux dan NTFS untuk windows, karena mungkin boot linux masih belum bisa membaca file type NTFS #CMIIW, Oke deh cukup segitu tutorial kali ini.

Semoga Membantu ya sob, Sampai bertemu lagi di postingan TI selanjutnya :)

Related Posts:

0 Response to "Cara Membuat Bootable Dengan USB Flashdisk"

Post a Comment