Google Merilis Domain Blogspot.co.id Untuk Seluruh Blogger Di Indonesia

https://nguentenpon.blogspot.co.id
kabar gembira bagi blogger di Indonesia, kemarin tepat tanggal 3 September google merilis blogspot.co.id khusus untuk blogger di Indonesia. Sebenarnya saya sendiri selaku admin NguentenPon™ juga kaget setelah mendapat berita dari teman-teman facebook.

“ Gan, NguentenPon™ kok domainnya ganti jadi nguentenpon.blogspot.co.id?”

      Setelah mendapat pesan dari salah satu teman di facebook,  saya langsung cek sendiri ternyata benar domain yang awalnya nguentenpon.blogspot.com berubah menjadi nguentenpon.blogspot.co.id. Pada awalnya saya berfikir mungkin ada kesalahan sistem,namun setelah saya cek di beberapa blog teman ternyata berubah semua domainnya menjadi blogspot.co.id. Berikut ini penjelasan singkat yang saya ambil dari KompasTekno.

 --

      Perubahan ini sebenarnya sudah dilakukan Google sejak tahun 2013 lalu di sejumlah negara. Indonesia baru kebagian belakangan. Menurut halaman Support Google, perubahan itu sejalan dengan visi Google dalam mendukung kebebasan berpendapat dan aturan mengenai konten-konten kontroversial.

"Jika kami menerima permintaan untuk menghapus konten yang melanggar hukum, maka konten tersebut tidak akna tersedia bagi pembaca di domain lokal dimana hukum tersebut berlaku" demikian tulis Google.

     Dengan demikian, jika terdapat konten blog yang dinilai melanggar hukum di Indonesia, dan pemerintah meminta Google untuk menghapusnya, maka konten tersebut tidak bisa diakses oleh pengguna di Indonesia.

     Namun demikian, pengakses Blogspot dari domain negara lain masih tetap bisa mengaksesnya. Jika pengguna ingin melihat konten di domain lain dan tidak ingin secara otomatis dialihkan oleh Google, mereka bisa menambahkan ncr (no country redirect) di belakang URL, sebagai contoh adalah [nama blog].blogspot.com/ncr.

     Google menjelaskan tidak akan ada perubahan tampilan dalam blog penggunanya. Pemilik blog juga tetap bisa mengatur dan mengedit konten mereka dari Blogger.com. Namun, Google mengatakan perubahan tersebut bisa jadi berimbas kepada SEO (search engine optimizer) terhadap blog tersebut.

"Mesin pencari akan menganggap versi blogspot.com dari blog Anda sebagai blog yang resmi" demikian tulis Google.

 --

      Ternyata sebelum rilis blogspot.co.id di Indonesia, google sudah melakukan perubahan domain spesifik pada beberapa negara. Contohnya beberapa negara berikut:

1. Argentina : contoh.blogspot.co.ar
2. Australia : contoh.blogspot.co.au
3. Brazil : contoh.blogspot.co.br
4. India : contoh.blogspot.in
5. Italia : contoh.blogspot.it
6.dll

Berikut subtropik yang akan sajikan pada artikel kali ini :
•    Dampak Perubahan blogspot.com Menjadi blogspot.co.id
•    Cara Mengambalikan blogspot.co.id Menjadi blogspot.com
•    Mematuhi Kebijakan Google Dengan blogspot.co.id


Dampak Perubahan blogspot.com Menjadi blogspot.co.id
 
    Saya merasakan sendiri dampak berubahnya nguentenpon.blogspot.com menjadi nguentenpon.blogspot.co.id, dari iklan adrewa yang hilang dan alexa yang mengarah ke blogspot.co.id. Berikut ini beberapa dampak efek perubahan dari blogspot.com menjadi blogspot.co.id.

1. Page not indexable (Bukan blog kita yang terindeks)
 
https://nguentenpon.blogspot.co.id
Alexa Rank

 
    Yang terindeks di alexa,pagerank,PA,DA dll bukan blog kita melainkan domain blogspot.com itu sendiri. Banyak yang mengatakan dampak dari perubahan ke blogspot.co.id membuat alexa rank dan pagerank kita turun, menurut saya itu salah kaprah, karena  keterangan di alexa rank itu tertulis jelas blogspot.co.id, bukan blog kita. Pagerank juga sama yang terindeks adalah blogspot.co.id bukan blog kita, blog kita tetap memiliki pagerank . Saya yakin Google pasti memiliki solusi untuk mengatasi masalah rank blog kita di alexa maupun di pagerank. Jadi kita harus tetap fokus untuk menulis artikel yang berkualitas sambil menunggu perbaikan dari google.

2. Iklan Google Adsense dan Iklan lokal tidak tampil.
 
    Khusus untuk publisher google adsense, iklan google adsense tidak akan tampil, karena domain dialihkan ke menjadi co.id, sehingga domain akan dianggap baru dan tampil dan perlu penyesuaian, apa yang harus kita lakukan adalah menunggu 2x24 jam sehingga iklan bisa tampil, dan jangan lupa untuk melakukan klaim alam blog yang berakhiran co.id sehingga klik terhadap iklan pada domain tersebut akan diakui.
    Saya sendiri belum menggunakan google adsense, saya menggunakan iklan lokal yaitu adrewa. Akibat adanya domain blogspot.co.id, saya harus mendaftarkan ulang domain nguentenpon.blogspot.co.id ke adrewa dan menunggu sekitar 1 mingguan iklan bisa kembali.


Cara Mengambalikan blogspot.co.id Menjadi blogspot.com
 
     Setelah mengetahui sudah berganti domain ke blogspot.co.id, awalnya saya berinisiatif ingin kembali ke blogspot.com, dan akhirnya saya menemukan caranya yang dibagikan salah satu teman di facebook. Namun setelah membaca beberapa referensi di berbagai sumber, saya putuskan untuk tetap menggunakan domain blogspot.co.id. apabila teman-teman ingin mengembalikan blogspot.co.id menjadi blogspot.com, silahkan simak caranya dibawah ini.

Salin kode berikut :

<script type='text/javascript'>
var blog = document.location.hostname;
var slug = document.location.pathname;
var ctld = blog.substr(blog.lastIndexOf("."));
if (ctld != ".com") {
var ncr = "http://" + blog.substr(0, blog.indexOf("."));
ncr += ".blogspot.com/ncr" + slug;
window.location.replace(ncr);
}
</script>


Ada 2 cara pemasangan :
1. buka tata letak >> tambahkan gadget >> HTML / Javascript > masukin kode nya >> simpan
2. buka template >> edit html >> Ctrl+F >> masukin kode nya diatas </head> >> simpan



Mematuhi Kebijakan Google Dengan blogspot.co.id
 
    Blogspot.co.id adalah rekomendasi dari google untuk seluruh blogger di Indonesia. Pastinya ada kelebihan yang tidak bisa kita nikmati di blogspot.com, mungkin dari segi akses atau proses pendaftaran google adsense yang lebih mudah dll, pastinya google sudah merencanakan dengan matang tentang masalah blogspot.co.id

    Seperti yang kita tahu, Indonesia adalah negara yang memiliki pengguna internet terbanyak ke 4 di dunia, tidak mungkin google mempersulit blogger di Indonesia, pasti mempertimbangkan banyaknya blogger yang berasal dari Indonesia yang pastinya menguntungkan bagi pihak google sendiri.

   Saran saya untuk seluruh blogger di Indonesia, lebih baik menggunakan blogspot.co.id, disamping rekomendasi dari google, blogspot.co.id adalah suatu kebanggaan sendiri bagi kita blogger Indonesia dimata dunia. Semoga dengan adanya blogspot.co.id ini banyak blogger yang lahir dan saling bekerjasama dengan baik.

 --
 
     Sekian Artikel Google Merilis Domain Blogspot.co.id Untuk Seluruh Blogger Di Indonesia dari saya semoga bisa bermanfaat bagi kalian. Apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan di kotak komentar,pasti saya balas ^_^. Simak juga artikel Cara Meningkatkan Rank Alexa Dibawah 1 Juta Dalam 1 bulan mungkin saja teman2 membutuhkan literaturnya dan simak juga semua artikel di NguentenPon™.


Sumber :
http://tekno.kompas.com/read/2015/09/04/17180997/Google.Paksa.Blogspot.ke.co.id
http://ladaskipzen.blogspot.com/2015/09/cara-mengembalikan-blogspotcoid-menjadi.html
http://log.viva.co.id
http://strukturkode.blogspot.co.id

 

Penulis :
Nama    : Rizki Indra Prasetyawan
Fb    : Rizki Indra Prasetyawan



Kata Kunci : Google Merilis Domain Blogspot.co.id

 

Mau Copas?
Silahkan copas namun harus diedit dan tidak boleh sama persis serta harus disertai sumber link.
https://nguentenpon.blogspot.co.id/2015/09/google-merilis-domain-blogspot.co.id-untuk-seluruh-blogger-di-indonesia.html

Related Posts:

0 Response to "Google Merilis Domain Blogspot.co.id Untuk Seluruh Blogger Di Indonesia"

Post a Comment