Cara Membuat Wifi Hotspot di Windows 10 dengan CMD

Sahabat Kabeka || Jaringan wireles ad hoc adalah jenis desentralisasi jaringan. Kenapa wireless ad hoc ?? karena jaringan ini tidak bergantung pada infrastruktur yang sudah ada sebelumnya, seperti router dalam wired network atau Acces Point yang dikelola (infrastrukturnya) oleh jaringan wireless. Jaringan Wireless sangat dibutuhkan saat ini tidak hanya untuk untuk berbagi koneksi tetapi juga untuk bermain game menggunakan jaringan LAN misalnya (Counter Strike, NFSMW dll).


Pada versi windows sebelumnya yaitu XP dan windows 7, Fasilitas wifi hotspot sudah tersedia sehingga sangat mudah untuk membuat jaringan wireless tersebut.

Tapi opsi wireless pada windows 8, windows 8.1 dan windows 10 malah dihapus. tentu ini menjadi masalah baru bagi kita.. benerkan sob ?? lalu apakah adakah solusinya ?? hehe,, setiap masalah insyallah memiliki sebuah solusi sob :) bagaimana ?? silahkan ikuti tutorial Cara nembuat Wifi Hotspot dari Kabeka dibawah :)

Cara Membuat WiFi Hotspot Pada Windows 10

CATATAN (Sebelum sobat mengikuti tutorial dibawah): Jika laptop atau desktop sobat telah terhubung ke wired network atau kabel LAN, sobat harus memastikan bahwa laptop atau desktop tersebut tidak terhubung dalam jaringan wireless. sehingga sobat dapat menggunakannya langsung untuk mengakses internet.

Buat WiFi Hotspot Pada Windows 10 Menggunakan Windows Command Prompt

1. Pertama, Sobat perlu membuka command prompt dengan hak administrator. Tekan Windows + X pada keyboard sobat dan pilih Command Prompt (Admin) dari menu pop-up.


2. Sekarang kita akan membuat hotspot tersebut. Cukup masukkan perintah berikut dan tekan tombol Enter:
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=Kabeka key=password


3. SSID adalah nama dari koneksi WiFi dan sobat dapat mengubahnya seseuai keinginan sobat. KEY adalah password pada WiFi Hostpot yang akan dibuat, #Ingat untuk key ini minimal isi dengan 8 karakter


4. Oke setelah sobat sekalian menekan enter, maka WiFi Hostpot sudah terbuat. Selanjutnya sobat harus memasukkan perintah berikut untuk menjalankan WiFi hotspot tersebut:
netsh wlan start hostednetwork


5. WiFi hotspot sobat harus diaktifkan agar dapat digunakan. Sobat dapat memeriksa statusnya di network and sharing center pada control panel Laptop atau Dekstop sobat.



6. Selesai... Sobat sekarang dapat menghubungkan perangkat lain ke hotspot dan menggunakan koneksi secara bersamaan tanpa menggunakan alat pihak ketiga.

7. untuk menonaktifkan hotspot tersebut, sobat bisa memberi perintah berikut:
netsh wlan stop hostednetwork


Oke sekian "Cara Membuat Wifi Hotspot di Windows 10 dengan CMD" semoga bermanfaat ya sob :)

mahon maaf karena kabeka akhir-akhir ini jarang update artikel :) oiya jika sobat punya pertanyaan ataupun ingin merequest artikel silahkan hubungi admin melalui menu "Kontak" ya sob :)

oke jangan lupa buat berbagi ya agar Kabeka lebih sering lagi update artikelnya :D terimkasih... dan sampai jumpa :)

Related Posts:

0 Response to "Cara Membuat Wifi Hotspot di Windows 10 dengan CMD"

Post a Comment