Kromosom,Gen,dan DNA Bagian 4 : Regulasi Gen

https://nguentenpon.blogspot.co.id

Rilis juga nih artikel lanjutan materi biologi molekuler setelah beberapa minggu vakum. Pada sebelumnya kita sudah mempelajari sintesis protein pada kromosom,gen dan DNA. Kali ini saya akan memberikan materi lanjutan mengenai biologi molekuler yaitu regulasi gen. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak secara lengkap materi dibawah ini



--


      Sebelum penemuan DNA, telah diketahui bahwa gen adalah unit fisik dan fungsional dari hereditas yang mengandung informasi untuk sintesis protein. Jadi, gen mengandung informasi hereditas. Gen membawa informasi yang harus disalin secara akurat untuk diturunkan ke generasi berikutnya. Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana suatu informasi dapat diformulasikan dalam bentuk molekul kimia ? bagaimana molekul tersebut dapat disalin secara akurat ? pada tahun 1940-an , peneliti menemukan bahwa informasi genetis terutama terdiri dari instruksi untuk membentuk protein. Protein adalah molekul makro yang beperan dalam hampir semua fungsi sel, yaitu sebagai bahan pembangun strutur sel dan membentuk enzim-enzim yang mengkatalisis reaksi-reaksi kimia di dalam sel, meregulasi ekspresi gen, serta memungkinkan sel untuk bergerak dan berkomunikasi antar sel.

       Jadi fungsi paling penting dari DNA adalah membawa gen yang mengandung informasi yang menentukan jenis protein yang harus disintesis, kapan, dalam tipe sel yang mana, dan berapa banyak jumlah protein yang harus disintesis.

      Dengan semakin berkembangnya pengetahuan molekular, maka definisi-definisi dari gen dijelaskan berikut ini.

https://nguetenpon.blogspot.co.id
Kromosom,Gen,dan DNA Bagian 4 : Regulasi Gen


•    Gen

Gen adalah keseluruhan sekuens asam nukleat yang dapat ditranskripsikan menjadi RNA fungsional dan protein, pada waktu dan tempat yang tepat selama pertumbuhan dan perkembangan organisme.

•    Komposisi Gen

Komposisi Gen adalah daerah pengkode (ekson dan intron) yang mengkode RNA atau protein ditambah sekuens pengaturan (regulatory sequence), termasuk promoter yang menginisiasi terjadinya transkripsi, daerah yang mengaktifkan/menginaktifkan ekspresi gen (enhancer/silencer) yang menentukan tinggi rendahnya akrivitas transkripsi, area poliadenilasi di ujung-3’, tempat pemotongan (splicing site), serta sinyal terminasi transkripsi.

•    Produk Gen

Produk Gen mencakup molekul mRNA yang kemudian ditranslasi menjadi berbagai protein yang fungsional dan juga molekul RNA lain yang dikode dalam bentuk gen di DNA seperti rRNA, tRNA, snRNA, snoRNA, miRNA.


--



     Seperti itulah materi Kromosom,Sel,dan DNA Bagian 3 : Reguasi Gen. Dari penjelasan diatas mungkin teman-teman sudah sedikit mengerti tentang biologi molekuler. Apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis di kotak komentar. Untuk menambah referensi teman-teman dalam bidang biologi khususnya dalam biologi molekular, simak artikelnya di menu biologi , atau bisa membaca artikel lainnya di NguentenPon™.


Penulis : Prof.Fatchiyah dan Prof.Estri Laras Arumingtyas



Sumber : Biologi Molekular Prinsip Dasar Analisis


Sumber  Gambar :
nichalittlestar.blogspot.com
kumpulanmateribiologisahabat.blogspot.com


Admin :
Nama : Rizki Indra Prasetyawan
Fb : Rizky Indra Prasetyawan


Kata Kunci : Regulasi Gen


Mau Copas?
     Silahkan copas namun harus diedit dan tidak boleh sama persis serta harus disertai sumber link.

https://nguentenpon.blogspot.co.id/2015/12/kromosom-gen-dan-dna-bagian-4-regulasi-gen.html

Related Posts:

0 Response to "Kromosom,Gen,dan DNA Bagian 4 : Regulasi Gen"

Post a Comment