Mengenal Tombol Identitas (Keamanan) Situs Atau Blog Di Mozilla Firefox

https://nguentenpon.blogspot.co.id


Rilis artikel bonus di hari sabtu, senang sekali rasanya membagikan beberapa ilmu yang mungkin bermanfaat bagi pembaca-pembaca setia di NguentenPon™. Seperti yang saya sampaikan di facebook kemarin, artikel kali ini akan membahas tentang tutorial blog. Nah apakah itu? Yap benar sudah tertulis jelas di atas yaitu Mengenal Tombol Identitas (Keamanan) Situs Atau Blog Di Mozilla Firefox.

https://nguentenpon.blogspot.co.id
Facebook

    Sebelum kita melangkah lebih jauh ke pembahasan inti artikel kali ini, pertama-tama kita harus mengenal terlebih dahulu fitur terbaru yang sudah diluncurkan google di blogspot yaitu layanan gratis HTTPS.

Apa itu HTTPS?

    HTTPS ( Hyper Transfer Protokol Secure ) merupakan protokol yang menyediakan perintah dalam komunikasi antar jaringan, yaitu komunikasi antara jaringan komputer Client dengan web server.

Fungsi HTTPS untuk apa?

1. Meningkatkan Kepercayaan Pengguna
2. Blog dengan HTTPS lebih aman
3. Blog dengan HTTPS akan lebih SEO Friendly

Apa perbedaan HTTPS dengan HTTP?

    Perbedaan yang paling utama adalah pada tingkat keamanan . HTTPS memiliki kelebihan di sisi keamanan (secure) artinya blog atau situs yang menggunakan HTTPS lebih aman dibandingkan situs atau blog yang menggunakan HTTP. Lo kok bisa? Karena setiap terjadi komunikasi data dari client dan server maka data akan di encripsi terlebih dahulu menggunakan Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS) sehingga dapat terhindar dari penyadapan yang mungkin terjadi. Fitur HTTPS ini pada umumnya sering digunakan di situs-situs e-commerce, Banking dan juga situs lainnya yang banyak melibatkan transaksi data yang sifatnya rahasia.

Bagaimana cara mengaktifkan fitur HTTPS?

1. Masuk ke akun blogspot
2. Pada bilah menu sisi kiri pilih menu Setting atau setelah kemudian pilih sup menu dasar seperti gambar dibawah ini:

https://nguentenpon.blogspot.co.id
Setting

3. kemudian pada label gunakan HTTPS pilih ya, seperti terlihat pada gambar diatas.

Note : Baca Selengkapnya mengenai HTTPS di Struktur Kode


https://nguentenpon.blogspot.co.id








https://nguentenpon.blogspot.co.id




•    Pengertian Tombol Identitas Situs
•    Bola Dunia Abu-Abu
•    Segitiga Peringatan Abu-Abu
•    Segitiga Peringatan Jingga
•    Gembok Abu-Abu
•    Gembok Hijau



--



Pengertian Tombol Identitas Situs  

   Tombol Identitas Situs adalah fitur keamanan Firefox yang memberi Anda informasi lebih lanjut tentang situs yang Anda kunjungi. Anda dapat dengan cepat mengetahui apakah situs web yang sedang Anda lihat dienkripsi, apakah sudah diverifikasi, siapa yang memiliki website, dan yang memverifikasi itu. Hal ini akan membantu Anda menghindari situs-situs berbahaya yang mencoba untuk mendapatkan informasi pribadi Anda. 

Tombol Identitas Situs berada di bilah alamat di sebelah kiri alamat web.

https://nguentenpon.blogspot.co.id
Tombol Identitas Situs

    Saat melihat sebuah situs web, tombol Identitas Situs akan menampilkan salah satu dari lima ikon – sebuah bola dunia abu-abu, segitiga peringatan abu-abu, segitiga peringatan jingga, gembok berwarna abu-abu, atau gembok hijau. Mengklik ikon ini akan menampilkan identitas dan informasi keamanan tentang situs tersebut. 

https://nguentenpon.blogspot.co.id
5 Tombol Identitas Situs
   Mengklik pada tombol Informasi lebih lanjut... pada panel pop-up akan memperlihatkan detail lebih lanjut tentang pengaturan privasi dan keamanan dari situs tersebut, seperti informasi sertifikat, informasi (cookies) dan riwayat kata sandi Anda yang tersimpan. 

 

Bola Dunia Abu-Abu

Sebuah bola dunia berwarna abu-abu mengindikasikan:
•    Situs web tidak memberikan informasi identitas.
•   Koneksi antara Firefox dan situs web tidak dienkripsi atau hanya sebagian dienkripsi dan tidak bisa dianggap aman terhadap penyadapan.

https://nguentenpon.blogspot.co.id
Bola Dunia Abu-Abu
     Kebanyakan situs web akan memiliki bola dunia berwarna abu-abu, karena mereka tidak terlibat dalam pemberian dua arah dari informasi sensitif dan tidak memiliki identitas yang diverifikasi atau koneksi yang terenkripsi. Ini berlaku untuk situs yang disajikan melalui HTTP (tidak dienkripsi) atau HTTPS (sebagian dienkripsi).
 
Catatan: Jika Anda mengirim informasi sensitif apapun (informasi bank, data kartu kredit, Nomor Jaminan Sosial, dll) Tombol Identitas Situs harus ‘tidak’ menampilkan ikon bola dunia abu-abu.


Segitiga Peringatan Abu-Abu

Sebuah segitiga peringatan berwarna abu-abu mengindikasikan:
•    Situs web tidak memberikan informasi identitas.
•    Koneksi ke situs web ini tidak sepenuhnya aman karena mengandung unsur yang tidak terenkripsi (seperti gambar).

https://nguentenpon.blogspot.co.id
Segitiga Peringatan Abu-Abu


Segitiga Peringatan Jingga

Sebuah segitiga peringatan berwarna jingga mengindikasikan:
•    Situs web tidak memberikan informasi identitas.
•   Koneksi antara Firefox dan situs web hanya dienkripsi sebagian dan tidak mencegah tindakan “curi dengar”. 

https://nguentenpon.blogspot.co.id
Segitiga Peringatan Jingga

    Ini menyiratkan bahwa sebelumnya Anda mengizinkan konten aktif campuran yang disajikan di atas HTTPS yang akan ditampilkan pada situs web tersebut terlepas dari risikonya.

    Memuat ulang website akan memblokir kembali permintaan HTTP tertentu untuk menurunkan ancaman, mengubah icon ke keadaan sebelumnya (bola dunia abu-abu untuk konten pasif campuran dan gembok abu-abu untuk sebaliknya) dan menampilkan ikon perisai konten campuran. Untuk informasi tentang cara memblokir konten campuran.
Catatan: Jika Anda mengirim informasi sensitif apapun (informasi bank, data kartu kredit, Nomor Jaminan Sosial, dll) Tombol Identitas Situs harus ‘tidak’ menampilkan ikon segitiga peringatan berwarna jingga.


Gembok Abu-Abu

Sebuah gembok berwarna abu-abu mengindikasikan:
•    Alamat situs sudah diverifikasi.
•    Koneksi antara Firefox dan situs web sudah dienkripsi untuk mencegah tindakan “curi dengar”

https://nguentenpon.blogspot.co.id
Gembok Abu-Abu

    Ketika sebuah domain telah diverifikasi, itu berarti bahwa orang-orang yang menjalankan situs tersebut telah membeli sertifikat yang membuktikan bahwa mereka memiliki domain dan itu tidak palsu. Sebagai contoh, Facebook memiliki sertifikat semacam ini dan koneksi yang terenkripsi, sehingga Tombol Situs Identitas menampilkan gembok berwarna abu-abu. Ketika Anda mengklik pada gembok, ia memberitahu Anda bahwa Anda benar-benar terhubung ke facebook.com yang sudah disertifikasi oleh DigiCert Inc. Ini juga menjamin Anda bahwa sambungan dienkripsi sehingga tidak ada yang bisa “menguping” sambungan dan mencuri informasi login Facebook Anda. 

    Namun, ini tidak memverifikasi siapa yang sebenarnya memiliki domain yang bersangkutan. Tidak ada jaminan bahwa facebook.com sebenarnya dimiliki oleh perusahaan Facebook. Satu-satunya hal yang dijamin adalah bahwa domain tersebut adalah domain yang valid, dan bahwa koneksi tersebut dienkripsi.


Gembok Hijau

Sebuah gembok berwarna hijau mengindikasikan:
•    Alamat situs sudah diverifikasi menggunakan sertifikat Extended Validation (EV).
•  Koneksi antara Firefox dan situs web dienkripsi untuk mencegah tindakan “curi dengar”.

https://nguentenpon.blogspot.co.id
Gembok Hijau

    Sebuah gembok hijau ditambah nama perusahaan atau organisasi dalam warna hijau berarti situs ini menggunakan Sertifikat Extended Validation (EV). Sertifikat EV adalah tipe khusus dari sertifikat situs yang memerlukan proses verifikasi identitas signifikan yang lebih ketat dibandingkan jenis sertifikat lainnya. Sementara gembok abu-abu menunjukkan bahwa situs menggunakan sambungan aman, gembok hijau menunjukkan bahwa sambungan aman dan bahwa pemilik domain adalah mereka yang Anda harapkan. 

   Dengan sertifikat EV, Tombol Identitas Situs meyakinkan Anda bahwa paypal.com dimiliki oleh Paypal Inc, misalnya. Tidak hanya gembok yang berubah menjadi hijau di situs Paypal, ini juga memperluas dan menampilkan nama pemilik di tombol itu sendiri.



--



    Akhirnya selesai artikel bonus tentang Mengenal Tombol Identitas Situs Atau Blog Di Mozilla Firefox , semoga bermanfaat untuk teman-teman dan jangan lupa untuk membagikan secuil ilmu ini ke teman2 ( lumayan dapat pahala hhe ). Apabila ada yang ditanyakan silahkan berkomentar di kotak komentar. Tunggu artikel tentang blog Minggu depan, serta simak juga artikel lainnya di NguentenPon™


Sumber Literatur :
https://strukturkode.blogspot.com
https://support.mozilla.org 
  
Sumber Gambar :
https://support.mozilla.org


Kata Kunci : Keamanan Situs di Mozilla Firefox
 


Admin : 
Nama    : Rizki Indra Prasetyawan
Fb    : Rizki Indra Prasetyawan


Mau Copas?
   Silahkan copas namun harus diedit dan tidak boleh sama persis serta harus disertai sumber link.
https://nguentenpon.blogspot.co.id/2015/10/mengenal-tombol-identitas-keamanan-situs-atau-blog-di-mozilla-firefox.html

Related Posts:

0 Response to "Mengenal Tombol Identitas (Keamanan) Situs Atau Blog Di Mozilla Firefox"

Post a Comment